Generasi hari ini adalah semua tentang kemajuan digital dan kemajuan teknologi. Keberhasilan yang sulit terukur yang telah dicapai teknologi adalah penanda pertumbuhan dan perkembangan. Ini adalah kebaikan bagi Negara, bahkan seluruh dunia. Tidak ada aspek kehidupan kita yang tanpa inovasi progresif ini. Komunikasi menjadi lebih baik dari sebelumnya. Bisnis berkembang, pendidikan meningkat, pekerjaan diciptakan, dan masih banyak lagi. Namun, bagian utama dari negara ini masih banyak yang tertinggal dan berusaha keras untuk mengambil manfaat dalam pengembangan digital dan teknologi tinggi, bagian ini adalah internet rural. Banyak masalah desa dapat diurutkan dengan mudah dengan pemanfaatan penuh teknologi internet dan di beberapa tempat dengan pengenalan internet. Pentingnya fasilitas internet dalam pembangunan pedesaan tidak dapat disangkal. Ada beberapa persyaratan utama dari bagian pedesaan yang dapat diselesaikan melalui layanan internet.

Dengan ketersediaan penyedia layanan internet di daerah pedesaan, bisnis akan melihat pertumbuhan yang luar biasa. Konektivitas akan meningkat dan dengan demikian, banyak perusahaan baru dan usaha kecil dapat menjangkau pelanggan potensial secara langsung. Bisnis yang sudah ada sebelumnya akan diberikan dorongan karena mereka memahami tren dan permintaan, sementara upaya baru dapat dimungkinkan. Teknologi yang berkembang mampu menawarkan rasa pengakuan bagi suatu daereah dan membuat masyarakat stempat menjadi warga yang sadar memiliki pemahaman tentang hak dan tanggung jawab mereka. Sistem perbankan, transportasi, pendidikan dan hampir setiap sektor dipengaruhi oleh perkembangan ini karena layanannya menjadi lebih baik. Dan dengan cara ini, seluruh wilayah pedesaaan dapat berkembang secara keseluruhan.

Dengan mengembangkan teknologi dan memastikan ketersediaan internet di daerah rural bisa mengurangi resiko dislokasi dan migrasi. Kasus dislokasi dan migrasi sebagian besar berasal dari daerah pedesaan. Jika daerah pedesaan dikembangkan dan menawarkan pekerjaan melalui konektivitas Internet, komunikasi global dan peningkatan pendapatan, maka akan ada lebih sedikit kasus migrasi dan dislokasi oleh penduduk asli. Maka, angka urbanisasi dapat ditekan secara signifikan dan terjadi pertumbuhan ekonomi yang seimbang baik di kota besar maupun di daerah-daerah rural. Oleh karena itu perkembangan internet di pedesaan membutuhkan bantuan semua pihak supaya tercipta keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.